In event event-alfamart event-jember kampoeng-recycle-jember kerajinan-dari-sampah kerajinan-decoupage pelatihan-alfamart pelatihan-perempuan thejannahinstitute-with-alfamart

Ngobrol Bisnis Bareng Alfamart, Kampung Recycle dan The Jannah Institute

Ngobrol Bisnis Bareng Alfamart,  Kampung Recycle Jember dan The Jannah Institute 

 

 

Undangan Pelatihan




Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 11 Oktober 2018, saya diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan spesial yang diadakan oleh Alfamart sebagai program corporate social responsibility nya. Kenapa saya bilang spesial?, karena pelatihan ini diadakan khusus untuk para perempuan. Nah, kenapa lagi harus perempuan?, kenapa nggak yang laki-laki juga?, sebetulnya saya juga nggak paham sih alasan Alfamart sesungguhnya apa, tapi kalau menurut pemikiran saya, karena perempuan bukanlah tulang punggung dalam keluarga, sehingga waktunya banyak dihabiskan di rumah menjadi ibu rumah tangga yang mayoritas belum memiliki penghasilan, jadi dengan adanya event ini diharapkan para perempuan bisa berdaya secara ekonomi meskipun itu dikerjakan di rumah dan harapannya bisa membantu perekonomian keluarga di era yanng menurut saya serba mahal ya (ini menurut saya lho ya, kalau lebih jelas mungkin bisa ditanyakan ke pihak Alfamart nya, hehehehe)



Event ini dipandu langsung oleh MC paling The Best versi Siska Rofita, siapa lagi kalau bukan Kak Prita HW (Inspirator ter Dabestnya Aku). Di event kali ini ada empat pemateri yang sangat luar biasa, yaitu:
  • Bapak Yosia Andika Pakiding selaku Branch Manager Alfamart Jember
  • Bapak Taufik Hidayanto selaku SSP Manager Alfamart Jember
  • Bapak Bagus Alfian selaku Marketing Virtual Store Alfamat dan
  • Ibu Mira Christina Effyati selaku Koordinator Bank Sampah Kampung Recycle Jember
Gimana, luar biasa semua kan????



Karena saya masuk kedalam ruang pelatihan terlambat, hiks hiks hiks, jadinya saya hanya mengikuti penyampaian tiga pemateri dan melewatkan materi yang disampaikan oleh Pak Yosia, huwaaaaa.

 

Dimulai dari .............

 

1. From Useless to Usefull (Kampung Recycle Jember)

Kenapa harus from useless to usefull???, karena materi yang saya ikuti ini bercerita tentang manfaat sampah yang masih bisa digunakan dan dijadikan barang yang memiliki nilai jual dan memiliki nilai estetika. Nah, materi ini disampaikan oleh Ibu Mira Christina Effyati atau Ibu Effy dari Kampung Recycle Jember. Di sesi ini, kita semua belajar membuat kerajinan decoupage dari sampah yang masih bisa diberdayakan. Kalau ngomongin tentang sampah pastinya pikiran kita akan terarah ke hal-hal yang nggak enak, karena dipikiran kita sudah terbentuk kalau sampah itu "bau dan nggak bermanfaat", padahal nggak semua sampah itu kayak gitu kok, contohnya nih botol, kaleng makanan/minuman, serta bungkus makanan masih bisa kita berdayakan, tapi memang harus butuh kreatifitas dalam mengolahnya serta perhatian yang khusus, kayak slogannya Kampung Recycle, "Sampah aja aku perhatiin, apalagi Kamu....". 


Slogan Kampung Recycle (Backgroundnya Ibu Effy sedang menyampaikan materi)





Salah satu cara untuk mengolah sampah yang masih bisa diberdayakan adalah dengan membuat kerajinan tangan berupa decoupage. Kalau menurutku Decoupage itu semacam seni menempel gambar pada media yang sudah kita tentukan dengan menggunakan lem dan kertas tisu bergambar (aku nggak tau apa itu istilahnya). Contohnya seperti dibawah ini ya


Bahan - Bahan Decoupage




Proses Pembuatan Decoupage


Di sesi praktik ini, Ibu Effy juga menjelaskan tahap-tahap yang harus dilakukan dan bahan-bahan apa aja yang diperlukan serta teknik yang digunakan agar hasilnya maksimal, dan hasil dari sesi ini adalah........
Hasil Decoupage




Kampung Recycle Jember ini merupakan kawasan terintegrasi yang orientasinya pada pemanfaatan, pengembangan dan pemeliharaan lingkungan terutama pada pengelolaan limbah.



Di Kampung Recycle Jember terdapat tiga fitur utama, yaitu eco structure, eco literacy dan eco preneur. Dan karya seni decoupage diatas masuk kedalam kategori eco preneur yang mengkreasikan dan mendaur ulang sampah anorganik menjadi karya seni yang memiliki nilai jual.





Buat temen-temen yang pengen belajar decoupage dan kepo sama barang-barang yang bisa di recycle langsung aja datang ke Kampung Recycle Jember.

Next To......

 

2. Store Sales Point Alfamart: Solusi Pedagang Bersaing dengan Minimarket

Pesatnya perkembangan minimarket/swalayan di Indonesia berakibat pada penurunan pendapatan yang diperoleh pedagang-pedagang kecil dan menengah. Sehingga timbul mindset tentang "Minimarket membunuh usaha masyarakat", karena banyak orang yang lebih memilih belanja di Minimarket daripada di toko kelontong atau kios-kios masyarakat umumnya. Namun, Alfamart menepis mindset tersebut dengan adanya program Store Sales Point. Program ini merupakan upaya Alfamart untuk merangkul UMKM-UMKM yang berada disekitar Alfamart dengan bentuk kerja sama sebagai penyedia barang kebutuhan rumah tangga dengan harga khusus serta layanan payment point online billing (PPOB).

 

Store Sales Point (SSP) merupakan toko yang mensupport kebutuhan barang dengan harga khusus serta pembinaan terhadap toko atau kios yang berada di sekitar Alfamart. Dapat Disimpulkan bahwa sasaran utama dari SSP ini adalah para pedagang yang menyediakan kebutuhan sehari-hari, misal pedagang kaki lima dan pemilik toko kelontong. Tujuan dari SSP terdiri dari:
  • Membantu ketersediaan barang untuk pedagang mikro - menengah
  • Memberikan harga terbaik dengan keuntungan yang wajar
  • Membantu pedagang mikro - menengah agar mampu bersaing
  • Mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah

Manfaat dari program ini tidak hanya dirasakan oleh pedagang kecil-menengah, namun juga dirasakan oleh pemasok dan juga pemerintah.


Pedagang yang ingin mendaftarkan diri sebagai outlet binaan Alfamart bisa mendaftar sendiri atau didaftarkan melalui aplikasi Alfamikro. Outlet binaan Alfamart terdiri dari:
  • R1: Warung rombong
  • R2: Warung Permanen
  • IO: Institusi (Kantor, pabrik, koperasi), HOREKA (Hotel, restoran, kafe)
  • SO: Outlet Transaksi Besar




Contoh Outlet Binaan Alfamart


Tampilan Alfamikro





Alur Pendaftaran Member


Selain mensupport barang, SSP juga memiliki program OBA (Outlet Binaan Alfamart) Dressup, yaitu program make over tampilan outlet menjadi lebih cantik, lebih menarik dan terlihat lebih modern, sehingga bisa menarik daya beli masyarakat, karena menurut saya pribadi orang akan lebih tertarik mendatangi toko apabila tampilan atau lay out toko terlihat bersih dan menarik.

Program OBA Dressup


and the last......... 

3. Pengen Punya Toko Virtual Sendiri???, Di Alfamind aja

Pernah dengar tentang toko virtual???
Kalau menurut saya, toko virtual itu "toko hantu", bagaimana tidak, kita punya toko di dumay tapi kita nggak punya toko secara fisik yang bisa terlihat (kira-kira kalau di Akuntansi toko virtual masuk aset nggak ya???)


Nah, ngomongin toko virtual, Alfamart juga punya lho toko virtual yang bisa diakses dan dimiliki oleh masyarakat (store owner) yaitu Alfamind.


Apa Alfamind itu???
Alfamind merupakan salah satu pilar dari enam pilar yang dimiliki oleh Alfamart.
Alfamind merupakan toko retail virtual 3D yang pertama di Indonesia dengan basis aplikasi smartphone Android. Jadi buat kalian yang punya smartphone android buruan deh download di playstore dan segera daftar.

Tampilan Aplikasi Alfamind (Udah kayak mall ya)




Tujuan dari Alfamind sendiri adalah:
  • memberikan peluang kepada masyarakat luas untuk menjadi entrepreneur dan memiliki penghasilan tambahan 
  • memberdayakan UMKM untuk menjadi pemasok barang yang akan dijual

Proses Bisnis di Alfamind


Kenapa harus Alfamind?
Karena Alfamind modalnya minim hanya ratusan ribu, jualannya pasti untung, barang dagangan yang siap jual ada segudang, operasional nggak ribet, any time any where mau jam berapa aja, dimana aja bebas melakukan transaksi, dan yang pasti didukung oleh jaringan Alfamart yang suangaaat luas dan kuat.

Syarat jadi store owner di Alfamind
  • pria/wanita usia produktif (20-50 thn)
  • pengguna aktif smartphone
  • aktif dikomunitas/aktif kegiatan diluar rumah
  • ada niat jualan dan ingin punya penghasilan tambahan

Gimana cara daftarnya???
Gampang banget kok
  • download aplikasi Alfamind di Playstore
  • kemudian buka aplikasinya (akan ada perintah untuk di skip-skip, sampai muncul tampilan awal seperti gambar dibawah ini

Tampilan Awal Sebelum DaftarAkun


  • klik menu "akun" (di pojok kanan bawah)
  • kllik "daftar baru"
  • isi data diri
  • top up saldo di kasir Alfamart terdekat


Cara Top Up Saldo



Top up saldo sebesar Rp.250.000 dengan rincian Rp.100.000 biaya admin dan Rp.150.000 saldo akun. Biaya administrasi hanya dikenakan sekali ya, jadi untuk Top up selanjutnya tidak akan dikenakan biaya administrasi lagi.


Nah mudah banget kan?, Generasi milenial wajib coba ya guys, karena ini cocok banget buat kita-kita yang hampir semua aktifitas dilakukan di smartphone


Itu sebagian dari acara yang saya ikuti dari pertengahan sampai akhir. Materinya sangat bermanfaat dan gampang banget diterapin. Mulai dari recycle barang yang sudah nggak bisa dimanfaatkan, sampai ke dunia bussiness digital, yaitu Alfamind dan Alfamikro. 


Terimakasih Alfamart, The Jannah Institute dan Kampoeng Recycle Jember, semoga bisa satu event lagi dilain kesempatan.


Oiya saya lupa, event ini di selenggarakan di Cafe Sederhana  (Eks My Sister Cafe, Di Jalan Kalimantan No. 59 Jember).


Thank You for Reading

See You.......

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Related Articles

2 comments:

  1. Tengkyu kakak cantik udah ikutan event Alfamart x TJI yahh, semoga ga kapok dan mengambil banyak manfaat :)

    ReplyDelete
  2. Sama-sama Kakak
    Insha'Allah nggak kapok dan banyak sekali manfaatnya

    ReplyDelete