In book-and-poetry buku-islami gaya-hijab-syar'i hijab hijab-dan-artinya jilbab muslimah muslimah-dan-jilbab review syar'i-hijab

Kamu Seorang Muslimah? Jangan Ragu Untuk Berhijab


Hijab bukanlah kata yang asing lagi, apalagi di era sekarang, banyak sekali aktris Indonesia yang berbondong-bondong untuk berhijrah dengan memutuskan memakai hijab.

Hijab erat kaitannya dengan Islam, terutama para muslimah. 

Di Indonesia sendiri seringnya masih tercampur arti dari kata hijab, jilbab dan khimar. Padahal sebenarnya mereka memiliki arti sendiri-sendiri. Hijab sering diartikan sama dengan jilbab dan khimar.

Lalu, bagaimanakah cara membedakannya?
Hijab berasal dari kata hajaban ynag artinya menutupi atau benda yang menutupi sesuatu. Hijab artinya penutup (dalam arti yang sangat luas). Dalam hal menutup aurat, Hijab lebih merujuk kepada tata cara berpakaian yang pantas sesuai tuntunan agama.
Jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh anggota tubuh, kecuali wajah dan tangan. Setiap jilbab adalah hijab, tapi nggak semua hijab adalah jilbab.
Khimar atau kerudung. Khimar ada yang disamakan artinya dengan jilbab, ada pula yang tidak. Jika disamakan dengan jilbab, maka yang disebut dengan khimar adalah yang menutup bagian kepala hingga bagian dada, tidak memperlihatkan leher atau yang diikatkan ke leher.

Wajib Nggak Sih Memakai Jilbab?

Jilbab itu bukan budaya orang Arab, bukan untuk kelihatan cantik, bukan untuk terlihat shalihah, bukan untuk main-main, bukan untuk mejeng dan bukan untuk bergaya, TAPI Jilbab is cover for your aurat, Jilbab itu untuk menutup aurat dan menutup aurat itu perkara WAJIB
Berjilbab itu Nggak Wajib karena yang WAJIB itu MENUTUP AURAT. Cara untuk menutup aurat tentunya dengan mengenakan jilbab.

Apa itu Aurat?, Aurat itu bagian tubuh yang haram untuk dilihat, sehingga harus ditutup. Penutup aurat biasanya disebut dengan Jilbab.
 Jadi.......
Berjilbab merupakan cara atau alat untuk menutup aurat, sehingga berjilbab menjadi wajib bagi kaum perempuan.

Batasan Aurat sampai mana ya?, batasan aurat wanita adalah seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan termasuk punggung tangan.

Menutup aurat sebenarnya insting paling dasar manusia, yang nantinya akan menjadi pembeda dengan mahluk Allah SWT yang lain (hewan).

Bagaimana dengan muslimah yang belum berjilbab?, Sarannya harus disegerakan berjilbab. Namun, jangan sekedar berjilbab aja ya.


Kenapa Muslimah Mesti Berjilbab?

menutup aurat adalah perintah langsung Allah SWT sama seperti sholat. Setiap perintah yang diturunkanNya tentunya membawa keabikan-kebaikan bagi yang melaksanakan. Apa saja kebaikan itu?
  • Identitas sebagai muslimah lebih jelas. 
  • Dengan jilbab semakin membuat diri termotivasi untuk move on dan beramal shalih
  • Terhindar dari perbuatan dosa
  • Selalu terjaga dan istiqomah
  • Terhindar dari tindak kejahatan dan fitnah
  • Terhindar dari pelecehan
  • Menghindarkan diri dari penyakit
  • Menunjukkan harga diri

Kriteria Jilbab Yang Benar

Berjilbab jangan sekedarnya, tapi juga yang sesuai dengan ketentuan agama. Apa saja?
  • Harus menutupi seluruh tubuh, kecuali bagian tertentu
  • Nggak diniatkan sebagai perhiasan
  • Harus terbuat dari kain yang tebal
  • Harus longgar
  • No Parfume
  • Nggak menyerupai laki-laki
  • Nggak menyerupai pakaian wanita kafir
  • Tidak untuk mencari popularitas


Kenapa Banyak Muslimah yang Belum Berhijab???

Kebanyakan muslimah masih mementingkan egonya, terlalu dipikir apakah dengan berjilbab mampu memberikan jaminan-jaminan yang sesuai keinginannya, apalagi di era sekarang jilbab sebagai trend fashion yang bisa dipakai oleh siapa saja atau hanya sekedar untuk endorse semata. Dari hal inilah para muslimah yang belum berhijab memunculkan alasan-alasan yang dapat diterima oleh masyarakat secara umum tentang keputusannya yang belum berjilbab.

Misalnya,
* belum siap pake jilbab (padahal itu perintah,  dan perintah itu harus dikerjakan tanpa nunggu kesiapan,  kalau nunggu siap,  kapan berjilbabnya?,  merasa masih muda?,  kita nggak tau lho mau hidup sampai kapan. Nunggu dapet hidayah?,  hidayah itu nggak hanya ditunggu lho girls,  tapi juga harus di jemput)

* mau jilbabin hati dulu,  jilbab fisiknya belakangan (sampai kapan?,  sampai perilakunya seperti Siti Aisyah atau bunda Khadijah?,  bukan nggak mungkin,  tapi kelamaan,  balik lagi ke point yang pertama,  emang hidupmu bakal selamanya?)

* jilbab kuno,  nggak update,  nggak modis (jangan salah ya,  sekarang udah banyak bertebaran jilbab syar'i yang sesuai dengan gaya kalian,  tapi ingat,  tetap sesuai dengan aturan sesuai syariat)

* belum dapat hidayah (ok,  diingatkan kembali,  kalau hidayah itu harus dicari/di jemput/di usahakan,  bukan hanya nunggu dengan duduk manis dan diam. Lalu,  caranya dapat hidayah gimana? . Mendekatlah ke Allah swt,  kerjakan perintahNya dan jauhi laranganNya, minta untuk dibimbing menuju ke hidayahNya,  pelajari tentang berjilbab yang sesuai aturan dan memutuskan untuk memakainya)

* mending pake jilbabnya nanti aja,  daripada udah pake tapi sering dilepas lagi?  (saat kalian memutuskan memakai jilbab,  niat awalnya harus mantap dan yakin bahwa akan berjilbab seterusnya,  dan semata-mata karena untuk menjalankan perintah Allah SWT.  niatkan dengan benar dan tekad untuk konsisten,  selebihnya minta sama Allah SWT untuk selalu diistiqomahkan,  karena bagaimanapun juga Allah SWT lah yang berkuasa atas diri kita)

Kalau kalian sering pake alasan yang mana nih? 😁

Berjilbab tidak membuat kecantikan kita menghilang.

Berjilbab itu cantik apalagi jika sesuai dengan syariat. Selain sebagai penutup aurat, jilbab juga berfungsi untuk penghias yang mampu menambah keindahan fisik kita,  asalkan kita tidak bertabarruj,  dengan berjilbab inner beauty yang kita miliki akan terpancar dengan jelas.

Berjilbab juga menggambarkan kita sebagai wanita yang cerdas,  karena kita tahu bahwa aurat itu untuk ditutup bukan untuk diumbar atau bahkan diperjual belikan. 

Berjilbab juga bisa menggambarkan dan mengontrol perilaku kita, dengan memakai jilbab kita senantiasa akan berperilaku yang baik,  tidak melanggar syariah.

Dan buat para muslimah yang belum berjilbab,  jangan ragu untuk berjilbab,  karena dengan berjilbab, kehormatan kalian sebagai seorang wanita akan terjaga dan kalian akan lebih dihargai,  selain itu,  menutup aurat merupakan perintah wajib dari Allah SWT bagi setiap muslimah.

Yuk kita pake jilbab,  dan senantiasa memohon kepada Allah SWT agar diistiqomahkan dalam menjalankan perintah memakai jilbab.




Versi lengkap bisa baca buku "Hijab for Brain, Beauty and Behavior" karya Yani Nuri Triyana.

Sekian

Terimakasih

Related Articles

0 comments:

Post a Comment